Pengertian Bintitan Dan Cara Mengobatinya

Tentu sudah banyak masyarakat yang memahami tentang pengertian bintitan secara umum. Kondisi ini seringkali menyerang bagian mata kebanyakan orang. Ketika mengalami bintitan, maka kelopak mata akan mengalami pembengkakan. Kondisi ini bisa terjadi akibat infeksi virus yang terjadi pada bagian mata.

Bintitan bukan hanya bisa timbul di bagian luar kelopak mata saja, namun juga bisa dibagian dalam. Bintitan yang terjadi dibagian dalam kelopak mata akan cenderung terasa sakit dibandingkan jika berada di luar. Meskipun terasa tidak nyaman, namun bintitan tidak akan mengganggu penglihatan Anda. Dengan memahami pengertian bintitan dengan baik, maka Anda bisa mengatasinya dengan lebih efisien.

Berikut pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi bintitan

Setelah mengetahui pengertian bintitan, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mengobati bintitan dengan cepat dan efektif. Hal ini perlu dilakukan segera agar kondisi tidak semakin buruk. Gejala umum yang sering terjadi sebelum mengalami bintitan biasanya mata akan berubah kemerahan atau bagian kelopak mata terasa bengkak dan nyeri.

Jika mengalami gejala tersebut, segera lakukan beberapa pengobatan di bawah ini agar bintitan yang dialami bisa segera reda dan tidak semakin parah. Berikut informasinya.

  • Jangan menggunakan kontak lensa

Kebanyakan orang menggunakan kontak lensa untuk berbagai alasan, selain itu membantu penglihatan, banyak juga yang menggunakan kontak lensa untuk sekedar gaya saja. Padahal penggunaan kontak lensa bisa membuat mata lebih mudah terkena iritasi. Untuk itu jika sedang mengalami bintitan, sebaiknya hindari untuk menggunakan kontak lensa hingga mata sembuh terlebih dahulu.

  • Kompres mata dengan air hangat

Cara yang paling umum untuk mengatasi mata bintitan adalah dengan cara mengompresnya. Cara terbaik mengompres mata adalah dengan menggunakan air hangat. Siapkan sebuah wadah untuk meletakkan air hangat. Kemudian siapkan handuk kecil untuk digunakan. Rendam handuk kecil tersebut di dalam air hangat.

Kompres bagian mata yang bintitan dengan menggunakan handuk tersebut. Anda bisa melakukan cara ini sebanyak 2-4 kali sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

  • Minum obat pereda nyeri

Saat mata mengalami bintitan, maka akan cenderung terasa nyeri hingga sakit. Untuk menghilangkan keluhan tersebut Anda bisa minum obat pereda nyeri. Terdapat beberapa jenis obat nyeri yang tidak membutuhkan resep dokter seperti paracetamol. Dengan mengkonsumsi obat ini maka rasa nyeri yang dirasakan bisa reda. Anda bisa minum paracetamol 3x sehari.

  • Menjaga kebersihan mata

Bintitan terjadi akibat infeksi virus yang berasal dari debu atau benda kotor lainnya. Selain itu infeksi bisa saja dibawa oleh organ lain seperti tangan. Untuk itu jagalah tangan Anda untuk tidak menyentuh bagian mata jika kondisinya kotok. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, Anda bisa cuci bagian mata dengan menggunakan sabun yang lembut.

Selain itu jangan menggunakan kosmetik di bagian kelopak mata sampai bintitan sembuh, karena kosmetik bisa memperburuk kondisi mata bintitan Anda.

Itulah beberapa pengobatan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bintitan. Pada dasarnya, bintitan bukan kondisi yang berbahaya bahkan bisa hilang sendiri tanpa pengobatan khusus. Namun jika diperhatikan tentang pengertian bintitan lebih dalam lagi, maka bintitan bisa saja menyebar ke bagian yang lainnya dan mengakibatkan komplikasi.

Jika bintitan sudah mulai menyebar pada bagian tubuh yang lainnya seperti pipi dan lain-lain, maka Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Atau jika selama 48 jam bintitan yang dialami belum juga membaik, maka sebaiknya Anda menghubungi dokter untuk mendapatkan obat.

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *