Penyebab Dry Patch Di Wajah dan Cara Mengatasinya

Sebum merupakan minyak alami pada wajah yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Saat kadar sebum menurun, kulit dapat mengalami kekeringan yang ditandai dengan munculnya dry patch. Tak hanya membuat kulit terlihat kering, dry patch juga seringkali tampil dengan warna kemerahan dan disertai dengan rasa gatal. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya dry patch di wajah. Mulai dari pengaruh kosmetik, hingga kebiasaan merawat diri sehari-hari. Untuk mencegah hal ini, yuk ketahui berbagai penyebab dry patch di wajah dan cara mengatasinya!

Kandungan Skin Care yang Terlalu Keras

Ada beberapa kandungan sabun wajah dan cleanser yang dapat bersifat terlalu keras bagi kulit wajah kamu. Jika kamu merasa kulit menjadi kering dan kencang seperti tertarik setiap habis membersihkan wajah, itu dapat menjadi tanda bahwa kamu menggunakan produk yang terlalu keras untuk kulit. Lama-kelamaan, hal ini dapat menimbulkan munculnya dry patch di wajah kamu. Untuk mengatasinya, jaga kelembapan area dry patch menggunakan pelembap yang kental, serta gunakan cleanser yang lembut dan bebas pewangi.

Kebiasaan Mengeringkan Kulit dengan Kurang Baik

Kamu mungkin berpikir bahwa menjaga wajah tetap basah setelah mencuci wajah akan membuat kulit lebih lembap. Namun, kamu harus ingat juga bahwa ketika air pada wajah mulai berevaporasi, kulit wajah akan menjadi jauh lebih kering dari sebelumnya. Selalu keringkan wajah dengan baik menggunakan handuk lembut setelah mencuci wajah. Jangan lupa juga untuk langsung mengembalikan kelembapan kulit menggunakan pelembap kesayangan kamu.

Mandi Terlalu Lama

Mandi berlama-lama di bawah pancuran air hangat memang terasa menyenangkan. Apalagi jika kamu baru saja menjalani hari yang panjang dan melelahkan, pikiran dan tubuh rasanya langsung rileks seketika. Nah, di balik efek menyenangkan ini, ternyata ada dampak buruk yang bisa kulit kita rasakan. Berlama-lama mandi dapat mengangkat minyak alami pada wajah dan menyebabkan munculnya dry patch di wajah. Untuk menghindari masalah ini, persingkat waktu mandi kamu, turunkan suhu air mandi yang digunakan, dan jangan lupa untuk segera melembapkan kulit setelah mandi.

Penggunaan Pelembap yang Kurang Tepat

Sudah menggunakan pelembap, tetapi kulit masih terasa kering? Itu tandanya kamu menggunakan pelembap yang kurang tepat. Kunci dari perawatan kulit yang maksimal terletak pada penggunaan produk yang sesuai dengan jenis kulit. Jika produk yang digunakan kurang mampu melembapkan kulit dengan baik, hal ini dapat menyebabkan munculnya area kulit terkelupas dan dry patch di wajah. Pastikan kamu menggunakan produk pelembap yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu, ya!

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *