Tips Hemat Mengatur Gaji untuk Kebutuhan Hidup Sebulan

Gaji adalah sesuatu yang sensitif untuk dibicarakan. Namun, ini tidak berarti bahwa tidak ada perhatian ekstra yang diperlukan. Mengelola semua kebutuhan dan menjalankan akuntansi bulanan juga harus dilakukan untuk memberikan upah yang cukup untuk memenuhi setiap kebutuhan setiap bulan. Belum lagi tagihan atau tarif lain dan biaya kuliah. Anda sebenarnya harus menabung setiap bulan. Jika Anda masih bingung tentang cara mengelola keuangan Anda setiap bulan, berikut adalah tips belanja hemat untuk kebutuhan bulanan Anda, seperti dikutip dari berbagai sumber dibawah ini.

  1. Bagi gaji Anda dengan kebutuhan prioritas
    Beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengelola upah selama sebulan adalah setengah dari upah Anda. Separuh upah sangat berguna untuk mengelola uang setiap bulan. Jika Anda sudah memiliki pasangan hidup, mintalah pasangan Anda untuk bekerja sama untuk mengelola upah. Pastikan gaji dapat digunakan sebanyak mungkin dengan jumlah minimum, sehingga sisa gaji dapat digabungkan nanti.
  2. Siapkan daftar belanja
    Langkah kedua adalah menyiapkan daftar belanja atau daftar belanja sehingga Anda nanti bisa mengetahui barang mana yang dibutuhkan selama sebulan atau 30 hari ke depan. Pastikan Anda membuat daftar belanja yang rapi dan cocok dengan yang Anda butuhkan. Anda dapat menggunakan daftar belanja ini setiap bulan dan memprioritaskan kebutuhan bulanan Anda.
  3. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan
    Langkah ketiga adalah membedakan apa yang dibutuhkan dan apa yang Anda inginkan, sehingga Anda tidak mengkonsumsi nanti dan datang kemudian. Jangan meremehkan ini. Karena jika Anda meremehkan ini, itu menjadi masalah bagi diri Anda sendiri. Pastikan apa yang Anda beli adalah barang yang sangat dibutuhkan. Juga memastikan bahwa apa yang dibutuhkan terpenuhi.
  4. Bayar tagihan dan cicilan
    Bayar tagihan dan cicilan agar tidak kembali bulan depan. Pastikan Anda dapat membayar tagihan atau cicilan, seperti internet, air, tagihan listrik, mobil, pembayaran rumah dan sebagainya. Jangan pernah meremehkan tagihan atau tarif bulanan yang berat. Karena jika Anda memiliki tunggakan pembayaran, akan sangat sulit untuk mencicil bulan berikutnya.
  5. Buat dua akun rekening
    Mengapa ini harus terjadi? Anda nanti dapat membedakan antara tabungan mana dan uang mana yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Ya, tentu saja, tabungan memiliki dua fungsi berbeda. Satu untuk menghemat uang dan satu untuk menghemat uang normal atau pengeluaran bulanan Anda. Jangan ragu untuk mewujudkan dua penghematan berbeda. Anda juga dapat memilih jenis tabungan dengan tabungan minimal sehingga uang Anda tidak dikembalikan lagi setiap bulan.
  6. Tabung uang Anda
    Langkah terakhir adalah menyimpan sisa uang. Menabung adalah kegiatan yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan mendadak di masa depan. Tabungan sangat bermanfaat untuk usia tua Anda atau dapat juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendadak lainnya, misalnya jika ada saudara yang sakit, mengalami kecelakaan atau bahkan membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk bunga mendadak.

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *